• info@dcc-dp.id
  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan III, BTN Antara Blok A11/02 Tamalanrea, Makassar, Indonesia

mengenal kesalahan dalam pemrograman

Admins 5 Comments Oktober 03, 2011

mengenal kesalahan dalam pemrograman

Mengenal Jenis-Jenis Kesalahan Pada Pemrograman
Senin, 2011-06-27 18:33:00 WIB

 

(ICTF - Tutorial) Pemrograman komputer adalah bidang yang luas dengan ratusan bahasa yang harus dikuasai dan jutaan aplikasi. Dari inti sistem operasi pemrograman, pemrograman aplikasi, emedded system coding, web development, atau bahkan aplikasi dari mobile platform, begitu sangat banyak dan luas. Berikut ini adalah pembelajaran untuk mengetahui kesalahan dalam pemrograman.

Deskripsi jenis kesalahan-kesalahan dalam pemrograman :

 

 

Tipe Kesalahan Pemrograman

Deskripsi

Logic Error

Ini mungkin kesalahan yang paling serius dari semua kesalahan. Ketika sebuah program yang dibuat dalam bahasa apapun mengkompilasi dan berjalan dengan benar hanya untuk memberikan output yang salah, kesalahan terletak pada logika yang mendasari pemrograman. Kesalahan ini bisa terjadi karena algoritma dasar telah salahlogika dasar dari seluruh program sudah cacat, dalam kasus seperti itu. Jenis kesalahan ini memerlukan perubahan mendasar untuk menemukan solusi. Perlu mulai mendalami di tingkat algoritmik untuk mempersempit ke penyebab kesalahan seperti itu.

Syntax Error

Setiap bahasa komputer seperti C, Java, Perl dan Python memiliki sintaks khusus di mana kode perlu ditulis. Ketika seorang programmer tidak mematuhi spesifikasi 'tata bahasa' dari bahasa komputer, hasil sintaks salah. Jenis kesalahan model ini mudah diperbaiki selama fase kompilasi.

Compilation Error

Kompilasi adalah proses di mana sebuah program yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi dikonversi ke bentuk mesin yang dapat dibaca. Banyak jenis kesalahan dapat terjadi selama fase ini, termasuk kesalahan sintaks. Kadang-kadang, sintaks dari kode sumber bisa menjadi sempurna, tetapi kesalahan kompilasi masih mungkin terjadi. Hal ini mungkin karena masalah di compiler itu sendiri. Kesalahan ini dapat diperbaiki dalam tahap development.

Run Time Error

Kode program telah dikompilasi dengan sukses dan file eksekusi telah dibuat. Fase dimana menjalankan program untuk menguji jalannya program sehingga dapat ditemukan kesalahan. Ini disebut 'Run Time Error'. Ini mungkin akibat dari kegagalan pada beberapa bagian pada saat development. Ini dapat diperbaiki dengan pada fase coding.

Arithmetic Error

Banyak program menggunakan variabel numerik dan algoritma perhitungan matematis. Kesalahan aritmatika muncul ketika komputer tidak dapat menangani masalah seperti Division By Zero' yang mengarah ke hasil yang tak terbatas. Ini menjadi sebuah kesalahan logical yang hanya dapat diperbaiki dengan mengubah algoritma.

Resource Errors

Kesalahan ini terjadi ketika nilai variabel terlalu meluas sampai pada nilai maksimum yang diperbolehkan, maka hasilnya adalah kesalahan resources.

Interfacing Error

Kesalahan ini ni mungkin timbul karena ketidaksesuaian dari sebuah program perangkat lunak dengan antarmuka perangkat keras atau antarmuka pemrograman aplikasi yang digunakan. Dalam kasus aplikasi web, kesalahan antarmuka dapat mengakibatkan penggunaan yang salah dari sebuah protokol web.

Banyak kesalahan dapat dihindari melalui pra-perencanaan dan perawatan selama fase coding, dengan banyak prakterk maka sebagian besar kesalahan pemrograman dapat diperbaiki.

(ey/EY/ictf)

  • Share: