• info@dcc-dp.id
  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan III, BTN Antara Blok A11/02 Tamalanrea, Makassar, Indonesia

berbagai jenis virus komputer berbahaya yang wajib kamu tahu!

Admins 5 Comments ,

berbagai jenis virus komputer berbahaya yang wajib kamu tahu!

Saat ini banyak sekali jenis virus yang bertebaran di Internet dan mungkin anda juga pernah mengalami terjangkit virus di komputer milik anda. Akan tetapi, apakah anda tahu jika ternyata virus pada komputer itu terbagi menjadi beberapa jenis dan tujuan.

Nah, disini saya akan mencoba untuk memberikan informasi terkait jenis virus komputer yang ada di dunia dan berpotensi menjangkiti komputer anda. Dengan adanya informasi ini, saya berharap anda bisa mengenali dan mengetahui jenis virus-virus tersebut.

Berikut Jenis virus komputer yang perlu anda ketahui :

  • Worm

Worm merupakan jenis virus komputer yang tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan Trojan atau virus lainya. Namun virus ini apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan masalah pada komputer yang diinfeksinya.

Masalah itu adalah karena virus ini dapat dengan secara cepat menduplikasi diri dan membuat file sampah di komputer yang diinfeksinya, sehingga membuat memori menjadi lebih cepat penuh. Virus ini akan menyerang dan menyebar melalui koneksi internet seperti email. Cara mengatasinya dengan melakukan Scanning menggunakan antivirus seperti Avast, AVG, Avira, dan lain sebagainya.

  • Multipartite Virus

Multipartite virus adalah jenis virus yang terdiri dari beberapa file yang dapat menginfeksi sistem operasi tertentu pada sebuah perangkat komputer. Biasanya virus ini tersembunyi pada RAM dan Hardisk komputer. Jenis virus komputer ini umumnya akan cepat merambat dan menyerang hardisk apabila tidak segera diatasi.

Virus ini akan secara otomatis memformat hardisk sehingga aplikasi-aplikasi pada komputer tersebut menjadi rusak dan tidak dapat dibuka. Oleh karena itu, virus ini menjadi berbahaya bagi RAM dan Hardisk. Cara mengatasinya dengan melakukan Defrag Hardisk secara teratur menggunakan Disk Defragmenter.

  • FAT

FAT virus adalah virus yang menyernag lokasi atau direktori tertentu pada komputer yang diserangnya. Hal ini sesuai dengan namanya yaitu FAT yang kependekan dari File Allocation Table Virus.
FAT virus sendiri memiliki cara kerja yang sedikit unik dibanding jenis virus lainya. Dimana virus ini akan menyembunyikan beberapa file pada komputer yang diinfeksi sehingga akans eolah-olah file tersebut telah dihapus atau sangat sulit untuk dicari. Rutinlah menggunakan antivirus untuk mengatasi virus jenis ini.

  • Trojan

Trojan merupakan sejenis virus yang palin sering dijumpai oleh kebanyakan pengguna komputer dan menjadi jenis virus paling populer. Virus ini sangat berbahaya sebab memiliki kemampuan untuk mencuri data atau mengendalikan komputer yang diinfeksinya.

Untuk menginfeksi korbanya, ia menyebar dan menyerang melalui internet, seperti melalui email misalnya. Biasanya virus ini akan menyebar lebih cepat pada akun yang tidak diberikan password yang kuat. Cara mengatasinya dengan jangan menginstal aplikasi dari sumber tidak terpercaya, sekalipun mereka diiklankan secara aktif.

  • ​Macro Virus

Sedikit berbeda dengan beberapa virus diatas, Macro virus merupakan sebuah virus komputer yang dibuat dengan bahasa pemrograman suatu program tertentu. Virus ini akan menyerang file-file dengan ektensi tertentu.

Biasanya virus ini akan menyerang file dengan ekstensi .pps, .xls dan file engan jenis-jenis ekstensi makro lainya. Untuk penyebaranya, virus ini biasanya akan menyebar melalui email. Jangan menekan link yang kamu dapatkan dari pengirim asing. Lalu, pastikan juga kamu rajin melakukan scan komputer dengan program antivirus.

  • Directory Virus

Directory Virus adalah jenis virus komputer yang cukup menjengkelkan, hal ini bisa terjadi sebab virus ini akan menyerang dan menginfeksi file komputer dengan ekstensi .exe sehingga akan hilang atau eror ketika digunakan,

Virus ini juga akan secara otomatis aktif dan menyerang program di komputer ketika dinyalakan. Jika virus ini sudah mulai menginfeksi, komputer anda kemungkinan akan melambat dan banyak program yang tidak dapat dibuka. Serta antivirus sendiri tidak mempan untuk membersihkan Directory Virus ini. Sehingga, untuk mengentikanya, pengguna harus menginstall ulang sistem operasi pada komputer yang terinfeksi.

  • Memory Resident Virus

Memory Resident Virus adalah jenis virus komputer yang sengaja diciptakan untuk menginfeksi dan merusak memori RAM. Virus ini akan mengifeksi RAM dan merusak RAM sehingga ketika anda ingin emmbuka aplikasi membuatnya berjalan sangat lambat.

Virus ini mempunyai sebuah perintah yang membuatnya aktif secara otomatis saat sistem komputer dinyalakan. Untuk menghentikan dan membersihkan komputer anda dari virus ini. Sementara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan antivirus seperti Smadav, Avast, Avira dan lain sebagainya.

 

  • Share: